Apa itu jaringan LAN,MAN,WAN,Internet dan Intranet

LAN, MAN, dan WAN rasanya memang saling berkaitan dengan yang namanya internet. Sedangkan Internet dan Intranet memiliki satu kesamaan, yaitu berfungsi untuk menghubungkan komputer satu sama lain.

Internet sendiri merupakan singkatan dari interconnection-networking yang artinya adalah jaringan komputer yang dapat menghubungkan seseorang dengan dunia (telekomunikasi) dengan menggunakan standart sistem global transmission control protocol/ Internet Protocol Suite (TCP/IP), yang berperan sebagai protocol pertukaran paket (Packet Switching Communication Protocol) untuk melayani seluruh pengguna internet yang terdapat di dunia.

Namun perlu diketahui bahwa internet juga memiliki beberapa jenis yang diantaranya bernama LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network) dan WAN (Wide Area Network).

Selain Internet ada juga yang namanya Intranet, Intranet adalah jaringan pribadi (Private Network) yang mengunakan internet untuk saling berbagi dan bertukar informasi di dalam jaringan local. Intranet juga termasuk ke dalam salah satu jaringan LAN.

Berikut ini adalah pengertian dari Jaringan jaringan tersebut :

1. Jaringan LAN (Local Area Network)

2. Jaringan MAN (Metropolitan Area Network)

3. Jaringan WAN (Wide Area Network)

4. Jaringan Internet

5. Jaringan Intranet


Satu respons untuk “Apa itu jaringan LAN,MAN,WAN,Internet dan Intranet

Tinggalkan komentar