Jaringan MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network (MAN) Ialah Sebuah Jaringan Komputer Dalam Suatu Kota Dengan Transfer Data Yang Berkecepatan Tinggi, Yang Menghubungkan Berbagai Suatu Lokasi Seperti Kampus, Perkantoran, Pemerintahan, Dan Lain Sebagainya. Jaringan MAN Yaitu Gabungan Dari Beberapa LAN. Jangkauan Dari MAN Ini Antar 10 Sampai Dengan 50 Km, MAN Ini Adalah Suatu Jaringan Yang Tepat Untuk Membangun Jaringan Antar Kantor-Kantor Dalam Satu Kota Atau Antara Pabrik/Instansi Dan Kantor Pusat Yang Berada Dalam Jangkauannya.

Didalam Jaringan MAN Hanya Mempunyai Satu Atau Dua Buah Kabel Yang Berfungsi Sebagai Untuk Mengatur Paket Data Melalui Kabel Output. Tapi Ada Alasan Utama Untuk Memisahkan MAN Sebagai Kategori Khusus Yaitu Telah Ditentukannya Standart Untuk MAN, Dan Standart Ini Sekarang Sedang Diimplementasikan. Standart Tersebut Disebut Dengan DQDB (Distributed Queue Dual Bus) Atau 802.6 Menurut Standart IEEE. DQDB Terdiri Dari Dua Buah Kabel 

Fungsi MAN (Metropolitan Area Network)

Untuk membangun & Implementasi sebuah sistem jaringan yang mengkolaborasikan antar server yaitu  untuk memenuhi kebutuhan internal perusahaan dan pemerintah dalam mengkomunikasikan suatu jaringan yang dipergunakan yang sehingga bisa melakukan kegiatan seperti messenger, chat,  video dan lain sebagainya dengan bandwidth lokal.

Kelebihan dari jaringan MAN (Metropolitan Area Network)

MAN atau Metropolitan Area Network mampu mencakupi kawasan yang lebih luas dibandingkan dengan LAN. Jaringan MAN ini sering  dioperasikan di bandara-bandara, gabungan beberapa buah sekolah juga di suatu daerah. Dengan mengoprasikan sebuah jaringan keterhubungan yang besar, informasi bisa disebarkan dengan lebih luas, cepat dan bermakna. Perpustakaan-perpustakaan umum dan agen-agen pemerintahan biasanya menggunakan sebuah jaringan MAN.

Kekurangan MAN (Metropolitan Area Network)

MAN hanya akan berlaku apabila komputer pribadi tersebut bisa bersaing atau sebagai terminal. apabila suatu komputer pribadi digunakan sebagai terminal, dan memindahkan file (file transfer software) untuk membolehkan pengguna untuk mengambil file atau (download) dari hos maupun menghantar data ke hos atau (upload). Download file berarti membuka dan juga mengambil data dari suatu komputer pribadi yang lain dan menghantar data ke komputer yang berkenaan yang diminta oleh pengguna.


2 respons untuk ‘Jaringan MAN (Metropolitan Area Network)

Tinggalkan komentar